Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Minggu, 11 Mei 2014

contoh proposal usaha

PROPOSAL USAHA
KEDAI MIRACLE ICE CREAM

A.    DATA PRIBADI
Nama                           : E. Siti Fatonah
Tempat dan Tgl lahir   : Subang, 11 September 1993
Jenis kelamin               : PEREMPUAN 
Alamat                                    : Jl. Cipadung Permai II No. A 32 Bandung
Agama                         : ISLAM
Pekerjaan                     : MAHASISWA
Nomor KTP                : 3213125109930005
No.HP                         : 081572442480
Email                           : miracle.iceream@gmail.com

B.     DATA USAHA
Nama Perusahaan        : KEDAI MIRACLE ICE CREAM
Bidang Usaha                         : PERDAGANGAN
Jenis Produk                : ICE CREAM
Lokasi  Usaha             : Jl. Cibeusi No. 34 kec. Jatinangor kab. Sumedang

C.    DASAR PEMIKIRAN
Negara Indonesia adalah negara yang termasuk dalam kawasan tropis, yaitu kawasan yang memiliki hawa yang sangat panas. Sebagian orang mungkin mengeluh dengan panasnya cuaca di Indonesia ini. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis untuk membuka sebuah usaha, salah satunya adalah bisnis Ice Cream. Ice cream merupakan salah satu makanan atau minuman yang banyak dicari dan disukai oleh semua kalangan pada saat panas.
Bisnis ice cream merupakan peluang bisnis yang sangat menggiurkan untuk kawasan tropis. Berdasarkan hitungan, balik modal dari bisnis ice cream ini sekitar 1 (satu) tahun. Disamping itu, pengelolaan dari bisnis ice cream juga terhitung mudah.
D.    Tujuan
Tujuan dari pembuatan proposal ini adalah memberikan gambaran mengenai usaha fotografi yang akan dirintis pada akhir 2014. Tujuan dari usaha ini adalah menciptakan produk ice cream yang lezat dan sehat serta menciptakan lapangan pekerjaan bagi diri sendiri dan orang lain. 
E.     Detail Usaha
Kedai Miracle Ice Cream merupakan sebuah cafe yang khusus menyajikan  ice cream yang mengadopsi jenis ice cream dari Turki, namun disajikan dalam berbagai varian yang menarik dan belum ada di cafe-cafe ice cream yang lainnya. Kedai Miracle Ice Cream menyediakan  Ice cream dengan buah segar yang menyehatkan serta memiliki banyak kandungan gizi yang dikemas secara kreatif dan menarik, seperti sandfruit ice cream (sandwich fruit ice cream), mochi ice cream, baso ice cream, dan masih banyak lagi varian menarik dan lezat yang ada di Kedai Miracle Ice Cream ini. Sebagai pelengkap menu ice cream, Kedai Miracle Ice Cream juga menyajikan macam-macam kue, pancake, waffle, aneka jus dan makanan ringan.
F.     PASAR dan STRATEGI PEMASARAN
1.      Target pasar
Target Pasar terutama adalah Pelajar dan Mahasiswa Kota Sumedang dan Bansung. Target penjualan sebesar 25 porsi per varian setiap hariny, dengan target pasar; pelajar 30%, mahasiswa 60% dan lainnya 10%.
Berdasarkan observasi, disekitar Jl. Cibeusi No. 34 kec. Jatinangor kab. Sumedang belum ada kedai atau cafe yang menyediakan ice cream secara khusus. Dengan demikian, saingan atas usaha ini tidak terlalu berat. Dalam jangka panjang usaha ini cukup potensial, dan dapat dikembangkan ditempat lain.

2.      Strategi Pemasaran
·         Slogan kedai miracle ice cream, adalah “ touch to taste totally”
·         Dekorasi Kedai yang menarik dan kreatif
·         Penyediaan wifi gratis dan music player.
·         Promosi  kedai miracle ice cream akan dilakukan melalui jaringan social media (facebook, twitter, dll).
·         Mendirikan prancise di lima titik berbeda didekat dekat kampus dan sekolah serta di beberapa pusat perbelanjaan.
·         Komitmen pelayanan kami adalah; harga kaki lima servis bintang lima.

G.    ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA
Untuk menjalankan usaha ini, saya dibantu oleh 2 ice chef, 3 orang pelayan dan 1 orang kasir , yang sudah dilatih sebelumnya untuk menyediakan dan menyajikan hidangan untuk pengunjung kedai serta melayani para pengunjung. Para pelayan menggunakan pakaian seperti tokoh komik jepang agar dapat menarik perhatian.
H.    BIAYA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN MODAL
·         Modal
Ringkasan modal adalah sebagai berikut:
*        Biaya sewa gerai (untuk satu tahun sewa)                         Rp 17.000.000
*        Biaya rancang interior                                                          Rp 25.000.000
*        Peralatan                                                                               Rp 13.000.000
*        Lain-lain                                                                               Rp   9.000.000
Total keseluruhan kebutuhan modal awal adalah                      Rp 64.000.000
·         Penjualan
Asumsi penjualan tahap awal adalah rata-rata 250 orang setiap hari berkunjung untuk tahun pertama. Dan asumsi pasar tumbuh 20% per tahun.
·         Biaya Operasi
Biaya operasi disini adalah biaya operasi per hari yang meliputi:
*        Kebutuhan bahan baku                    Rp    12.000.000
*        Kebutuhan bahan pembantu           Rp      9.000.000
*        Kebutuhan biaya operasional          Rp      1.000.000
*        Gaji dan upah kerja                           Rp         700.000
Jumlah biaya produksi perhari                   Rp     29.000.000
Jumlah biaya produksi perbulan                Rp   870.000.000
Biaya cadangan operasional                       Rp      10.000.000

                                                                                                            
I.       KESIMPULAN

Demikian penyusunan proposal usaha Kedai Miracle Ice Cream yang dapat kami sajikan. Mudah-mudahan dengan adanya proposal ini menjadi tolak ukur kesuksesan usaha kedai ini kedepannya. Segala hal yang tercantum dalam proposal ini menjadi acuan dasar dalam kelahiran Kedai Miracle Ice Cream.
 Semoga dengan hadirnya proposal ini dapat memperlancar usaha kedai ini kedepannya, dan mampu menambah wawasan bagi pembaca yang membutuhkan informasi mengenai usaha kedai ice cream. Terimakasih dan salam sukses.


Bandung, 20 Februari 2014
                                                                                                                                                                                                                                                                                          Pemilik Usaha

                                                                                                                                                                                                                                                                                          E. Siti Fatonah

0 komentar:

Posting Komentar

Minggu, 11 Mei 2014

contoh proposal usaha


PROPOSAL USAHA
KEDAI MIRACLE ICE CREAM

A.    DATA PRIBADI
Nama                           : E. Siti Fatonah
Tempat dan Tgl lahir   : Subang, 11 September 1993
Jenis kelamin               : PEREMPUAN 
Alamat                                    : Jl. Cipadung Permai II No. A 32 Bandung
Agama                         : ISLAM
Pekerjaan                     : MAHASISWA
Nomor KTP                : 3213125109930005
No.HP                         : 081572442480
Email                           : miracle.iceream@gmail.com

B.     DATA USAHA
Nama Perusahaan        : KEDAI MIRACLE ICE CREAM
Bidang Usaha                         : PERDAGANGAN
Jenis Produk                : ICE CREAM
Lokasi  Usaha             : Jl. Cibeusi No. 34 kec. Jatinangor kab. Sumedang

C.    DASAR PEMIKIRAN
Negara Indonesia adalah negara yang termasuk dalam kawasan tropis, yaitu kawasan yang memiliki hawa yang sangat panas. Sebagian orang mungkin mengeluh dengan panasnya cuaca di Indonesia ini. Hal ini bisa menjadi peluang bisnis untuk membuka sebuah usaha, salah satunya adalah bisnis Ice Cream. Ice cream merupakan salah satu makanan atau minuman yang banyak dicari dan disukai oleh semua kalangan pada saat panas.
Bisnis ice cream merupakan peluang bisnis yang sangat menggiurkan untuk kawasan tropis. Berdasarkan hitungan, balik modal dari bisnis ice cream ini sekitar 1 (satu) tahun. Disamping itu, pengelolaan dari bisnis ice cream juga terhitung mudah.
D.    Tujuan
Tujuan dari pembuatan proposal ini adalah memberikan gambaran mengenai usaha fotografi yang akan dirintis pada akhir 2014. Tujuan dari usaha ini adalah menciptakan produk ice cream yang lezat dan sehat serta menciptakan lapangan pekerjaan bagi diri sendiri dan orang lain. 
E.     Detail Usaha
Kedai Miracle Ice Cream merupakan sebuah cafe yang khusus menyajikan  ice cream yang mengadopsi jenis ice cream dari Turki, namun disajikan dalam berbagai varian yang menarik dan belum ada di cafe-cafe ice cream yang lainnya. Kedai Miracle Ice Cream menyediakan  Ice cream dengan buah segar yang menyehatkan serta memiliki banyak kandungan gizi yang dikemas secara kreatif dan menarik, seperti sandfruit ice cream (sandwich fruit ice cream), mochi ice cream, baso ice cream, dan masih banyak lagi varian menarik dan lezat yang ada di Kedai Miracle Ice Cream ini. Sebagai pelengkap menu ice cream, Kedai Miracle Ice Cream juga menyajikan macam-macam kue, pancake, waffle, aneka jus dan makanan ringan.
F.     PASAR dan STRATEGI PEMASARAN
1.      Target pasar
Target Pasar terutama adalah Pelajar dan Mahasiswa Kota Sumedang dan Bansung. Target penjualan sebesar 25 porsi per varian setiap hariny, dengan target pasar; pelajar 30%, mahasiswa 60% dan lainnya 10%.
Berdasarkan observasi, disekitar Jl. Cibeusi No. 34 kec. Jatinangor kab. Sumedang belum ada kedai atau cafe yang menyediakan ice cream secara khusus. Dengan demikian, saingan atas usaha ini tidak terlalu berat. Dalam jangka panjang usaha ini cukup potensial, dan dapat dikembangkan ditempat lain.

2.      Strategi Pemasaran
·         Slogan kedai miracle ice cream, adalah “ touch to taste totally”
·         Dekorasi Kedai yang menarik dan kreatif
·         Penyediaan wifi gratis dan music player.
·         Promosi  kedai miracle ice cream akan dilakukan melalui jaringan social media (facebook, twitter, dll).
·         Mendirikan prancise di lima titik berbeda didekat dekat kampus dan sekolah serta di beberapa pusat perbelanjaan.
·         Komitmen pelayanan kami adalah; harga kaki lima servis bintang lima.

G.    ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA
Untuk menjalankan usaha ini, saya dibantu oleh 2 ice chef, 3 orang pelayan dan 1 orang kasir , yang sudah dilatih sebelumnya untuk menyediakan dan menyajikan hidangan untuk pengunjung kedai serta melayani para pengunjung. Para pelayan menggunakan pakaian seperti tokoh komik jepang agar dapat menarik perhatian.
H.    BIAYA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN MODAL
·         Modal
Ringkasan modal adalah sebagai berikut:
*        Biaya sewa gerai (untuk satu tahun sewa)                         Rp 17.000.000
*        Biaya rancang interior                                                          Rp 25.000.000
*        Peralatan                                                                               Rp 13.000.000
*        Lain-lain                                                                               Rp   9.000.000
Total keseluruhan kebutuhan modal awal adalah                      Rp 64.000.000
·         Penjualan
Asumsi penjualan tahap awal adalah rata-rata 250 orang setiap hari berkunjung untuk tahun pertama. Dan asumsi pasar tumbuh 20% per tahun.
·         Biaya Operasi
Biaya operasi disini adalah biaya operasi per hari yang meliputi:
*        Kebutuhan bahan baku                    Rp    12.000.000
*        Kebutuhan bahan pembantu           Rp      9.000.000
*        Kebutuhan biaya operasional          Rp      1.000.000
*        Gaji dan upah kerja                           Rp         700.000
Jumlah biaya produksi perhari                   Rp     29.000.000
Jumlah biaya produksi perbulan                Rp   870.000.000
Biaya cadangan operasional                       Rp      10.000.000

                                                                                                            
I.       KESIMPULAN

Demikian penyusunan proposal usaha Kedai Miracle Ice Cream yang dapat kami sajikan. Mudah-mudahan dengan adanya proposal ini menjadi tolak ukur kesuksesan usaha kedai ini kedepannya. Segala hal yang tercantum dalam proposal ini menjadi acuan dasar dalam kelahiran Kedai Miracle Ice Cream.
 Semoga dengan hadirnya proposal ini dapat memperlancar usaha kedai ini kedepannya, dan mampu menambah wawasan bagi pembaca yang membutuhkan informasi mengenai usaha kedai ice cream. Terimakasih dan salam sukses.


Bandung, 20 Februari 2014
                                                                                                                                                                                                                                                                                          Pemilik Usaha

                                                                                                                                                                                                                                                                                          E. Siti Fatonah

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates